Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Belajar Bahasa Arab dengan Mudah dan Menyenangkan

Bahasa merupakan salah satu pilar keunggulan Madrasah Pembangunan (MP) UIN Jakarta. Dalam memperkuat pilar tersebut, satuan tingkat pendidikan MI mengadakan program Bahasa Arab “Mudah dan Menyenangkan” (13-17/1). Penguatan bahasa Arab diikuti oleh peserta didik kelas 4, dengan delapan orang tutor bahasa Arab. Peserta didik diharapkan dapat lebih terampil berbahasa Arab sederhana, baik lisan maupun tulisan.

Koordinator penguatan bahasa Arab, Firman Hamdani mengatakan bahwa kegiatan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Dulu targetnya adalah mahir memahami bahasa Arab Alquran, sebagai pengantar nahwu sharof untuk anak-anak yang nantinya akan masuk pesantren. Sekarang berupa pendalaman bahasa Arab seperti kosa kata, percakapan sederhana, imla, dan kitabah.”

Beliau menambahkan, pendalaman bahasa Arab tahun ini menggunakan buku panduan yang baru disusun. Untuk memotivasi peserta didik agar lebih menyenangi bahasa Arab, semua kegiatan pembelajaran dilakukan dengan lagu, gerakan, serta permainan. Di akhir kegiatan, peserta didik menampilkan performance terbaik selama belajar bahasa Arab dengan nyanyian dan drama bahasa Arab.

Salah satu peserta, Naya (4 G) mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut. “Seru banget, aku semakin menyukai bahasa Arab. Aku juga senang karena mendapat hadiah.” pungkasnya. [cs]