App\Models\Mpuin\Content {#1783
  #table: "mpuin.contents"
  +incrementing: false
  #fillable: array:10 [
    0 => "judul"
    1 => "tanggal"
    2 => "content"
    3 => "unit"
    4 => "tingkat"
    5 => "kategori_id"
    6 => "publish"
    7 => "img"
    8 => "status"
    9 => "hits"
  ]
  #casts: array:1 [
    "img" => "object"
  ]
  #connection: "mysql_mpuin"
  #primaryKey: "id"
  #keyType: "int"
  #with: []
  #withCount: []
  #perPage: 15
  +exists: true
  +wasRecentlyCreated: false
  #attributes: array:17 [
    "id" => "7333849467ee454595905f26f5806f96"
    "slug" => "menjaga-mood-anak-saat-pembelajaran-jarak-jauh"
    "judul" => "Menjaga Mood Anak Saat Pembelajaran Jarak Jauh"
    "content" => """
      <p dir="ltr"><strong>Kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, memungkinkan munculnya berbagai permasalahan. Mulai dari kerepotan orang tua saat harus membagi waktu untuk bekerja, baik di kantor atau pun Work From Home (WFH), melakukan pekerjaan rumah tangga, hingga mendampingi anak-anak belajar.. Terlebih bila anak merasa tidak mood, hingga&nbsp; menyebabkan mogok belajar.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Guru Bimbingan Konseling kelas 1, Retno Puji Lestari menjelaskan bahwa langkah yang diambil pimpinan MI Pembangunan sudah sangat tepat. &ldquo;Untuk menjaga mood anak-anak, seperti yang kepala MI sampaikan, jangan terlalu banyak memberi tugas. Selain itu, guru dapat memberikan selingan permainan, latihan gerak fisik, menyanyi, dan menari. Untuk orang tua,&nbsp; harus pandai ambil hati anak dan ada pendampingan. Jika sudah mulai tidak mood belajar,&nbsp; anak-anak tetap diberi pengertian dan dibujuk dengan hati.&rdquo; Ungkapnya.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Wali kelas 3D MI Pembangunan, Nurmalasari juga telah menerapkan pembelajaran menyenangkan; dengan nyanyian, tepukan, dan aneka permainan. &ldquo;Misalnya, sesekali saya ajak anak-anak berkeliling untuk mengamati lingkungan alam sekitar. Saya beri waktu 15 menit. Anak tidak hanya belajar melalui layar. Anak-anak diberikan perhatian yang penuh, diciptakan kondisi yang memungkinkan berkomunikasi efektif, dan diberikan motivasi belajar,&rdquo; tuturnya.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Orang tua Azyan Rahman (1B), Neli Rahmaniah,&nbsp; sepakat bahwa harus ada komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru. &ldquo;Saya dan Azyan buat kesepakatan malam harinya. Saya beritahu bahwa besok ada jadwal zoom dengan bapak ibu guru. Saya tanya, mau dibangunkan jam berapa dan dengan cara apa. Lalu, setelah menyiapkan laptop, libatkan anak untuk melakukan prosesnya. Klik aplikasinya, tulis namanya, hingga klik video/audionya,&rdquo; ungkapnya.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Intinya, bangun komunikasi yang efektif antara orang tua, guru, dan melibatkan peserta didik pada setiap prosesnya. (cs)</strong></p>
      """
    "unit" => 0
    "unit_id" => 10004
    "pegawai_id" => "c187d07405cc4dd991a03c6e9078ef37"
    "tingkat" => "mi"
    "kategori_id" => 1
    "tanggal" => "2020-07-31"
    "status" => "PUBLISH"
    "hits" => 584
    "data_file_id" => "597635c0-2bd5-4ee7-b06a-167079efd9b8"
    "tag" => null
    "img" => "{"small":{"x":159.99999999999997,"y":0,"width":960,"height":960,"rotate":0,"scaleX":1,"scaleY":1},"medium":{"x":0.7582938388625161,"y":0.5687203791469194,"width":1278.483412322275,"height":958.8625592417062,"rotate":0,"scaleX":1,"scaleY":1},"tumbnail":{"x":0.7582938388625161,"y":240.85308056872037,"width":1278.483412322275,"height":719.1469194312797,"rotate":0,"scaleX":1,"scaleY":1},"\/home\/mpuinjkt\/public_html\/laravel\/storage\/app\/gallery\/images\/contents\/menjaga-mood-anak-saat-pembelajaran-jarak-jauh.jpg":"\/home\/mpuinjkt\/public_html\/laravel\/storage\/app\/gallery\/images\/contents\/menjaga-mood-anak-saat-pembelajaran-jarak-jauh.jpg"}"
    "created_at" => "2020-10-23 15:32:55"
    "updated_at" => "2024-01-16 16:40:54"
  ]
  #original: array:17 [
    "id" => "7333849467ee454595905f26f5806f96"
    "slug" => "menjaga-mood-anak-saat-pembelajaran-jarak-jauh"
    "judul" => "Menjaga Mood Anak Saat Pembelajaran Jarak Jauh"
    "content" => """
      <p dir="ltr"><strong>Kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, memungkinkan munculnya berbagai permasalahan. Mulai dari kerepotan orang tua saat harus membagi waktu untuk bekerja, baik di kantor atau pun Work From Home (WFH), melakukan pekerjaan rumah tangga, hingga mendampingi anak-anak belajar.. Terlebih bila anak merasa tidak mood, hingga&nbsp; menyebabkan mogok belajar.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Guru Bimbingan Konseling kelas 1, Retno Puji Lestari menjelaskan bahwa langkah yang diambil pimpinan MI Pembangunan sudah sangat tepat. &ldquo;Untuk menjaga mood anak-anak, seperti yang kepala MI sampaikan, jangan terlalu banyak memberi tugas. Selain itu, guru dapat memberikan selingan permainan, latihan gerak fisik, menyanyi, dan menari. Untuk orang tua,&nbsp; harus pandai ambil hati anak dan ada pendampingan. Jika sudah mulai tidak mood belajar,&nbsp; anak-anak tetap diberi pengertian dan dibujuk dengan hati.&rdquo; Ungkapnya.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Wali kelas 3D MI Pembangunan, Nurmalasari juga telah menerapkan pembelajaran menyenangkan; dengan nyanyian, tepukan, dan aneka permainan. &ldquo;Misalnya, sesekali saya ajak anak-anak berkeliling untuk mengamati lingkungan alam sekitar. Saya beri waktu 15 menit. Anak tidak hanya belajar melalui layar. Anak-anak diberikan perhatian yang penuh, diciptakan kondisi yang memungkinkan berkomunikasi efektif, dan diberikan motivasi belajar,&rdquo; tuturnya.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Orang tua Azyan Rahman (1B), Neli Rahmaniah,&nbsp; sepakat bahwa harus ada komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru. &ldquo;Saya dan Azyan buat kesepakatan malam harinya. Saya beritahu bahwa besok ada jadwal zoom dengan bapak ibu guru. Saya tanya, mau dibangunkan jam berapa dan dengan cara apa. Lalu, setelah menyiapkan laptop, libatkan anak untuk melakukan prosesnya. Klik aplikasinya, tulis namanya, hingga klik video/audionya,&rdquo; ungkapnya.</strong></p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr">&nbsp;</p>\r\n
      \r\n
      <p dir="ltr"><strong>Intinya, bangun komunikasi yang efektif antara orang tua, guru, dan melibatkan peserta didik pada setiap prosesnya. (cs)</strong></p>
      """
    "unit" => 0
    "unit_id" => 10004
    "pegawai_id" => "c187d07405cc4dd991a03c6e9078ef37"
    "tingkat" => "mi"
    "kategori_id" => 1
    "tanggal" => "2020-07-31"
    "status" => "PUBLISH"
    "hits" => 584
    "data_file_id" => "597635c0-2bd5-4ee7-b06a-167079efd9b8"
    "tag" => null
    "img" => "{"small":{"x":159.99999999999997,"y":0,"width":960,"height":960,"rotate":0,"scaleX":1,"scaleY":1},"medium":{"x":0.7582938388625161,"y":0.5687203791469194,"width":1278.483412322275,"height":958.8625592417062,"rotate":0,"scaleX":1,"scaleY":1},"tumbnail":{"x":0.7582938388625161,"y":240.85308056872037,"width":1278.483412322275,"height":719.1469194312797,"rotate":0,"scaleX":1,"scaleY":1},"\/home\/mpuinjkt\/public_html\/laravel\/storage\/app\/gallery\/images\/contents\/menjaga-mood-anak-saat-pembelajaran-jarak-jauh.jpg":"\/home\/mpuinjkt\/public_html\/laravel\/storage\/app\/gallery\/images\/contents\/menjaga-mood-anak-saat-pembelajaran-jarak-jauh.jpg"}"
    "created_at" => "2020-10-23 15:32:55"
    "updated_at" => "2024-01-16 16:40:54"
  ]
  #changes: []
  #dates: []
  #dateFormat: null
  #appends: []
  #dispatchesEvents: []
  #observables: []
  #relations: []
  #touches: []
  +timestamps: true
  #hidden: []
  #visible: []
  #guarded: array:1 [
    0 => "*"
  ]
  #slugOptions: null
}