Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Penyaluran Zakat Mal dan Sedekah TAS MP

Di tengah wabah pandemi Covid-19, pengurus Tabungan Amal Shaleh (TAS) Madrasah Pembangunan (MP) UIN Jakarta menyalurkan zakat mal dan sedekah, Rabu (13/05). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, guru dan karyawan yang membantu penyaluran zakat mal dan sedekah diminta untuk tetap menjaga jarak dan menaati protokol kesehatan.

 

Hal itu tampak pada penjadwalan kedatangan guru dan karyawan yang akan membantu penyaluran zakat mal dan sedekah. Dengan pembagian waktu kedatangan diharapkan dapat meminimalisasi kerumunan.

 

Ketua TAS MP, H. Muhammad Faiz mengatakan, sebelumnya TAS juga sudah menyalurkan 253 paket sembako dari guru dan karyawan dalam rangka tarhib Ramadhan. Kegiatan yang dilakukan sehari menjelang Ramadhan tersebut bertujuan agar dapat ikut menggembirakan masyarakat di sekitar lingkungan MP yang terkena dampak covid-19.

 

“Selanjutnya, kami menyalurkan zakat mal dan sedekah dalam rangka kegiatan berkah MP bersama pada Ramadhan. Total penyaluran zakat mal dan sedekah sebanyak 82 juta rupiah yang dibagikan kepada para mustahik dalam bentuk uang tunai,” ungkapnya.

 

H. Faiz menambahkan, zakat mal dan sedekah yang disalurkan merupakan titipan dari para dermawan, wali peserta didik, dan seluruh civitas akademika MP UIN Jakarta yang dihimpun mulai 5-13 Mei 2020, serta TAS selama satu tahun. Dana yang dikumpulkan kemudian disalurkan kepada masyarakat yang terdampak covid-19 di lingkungan MP dan di sekitar perumahan guru dan karyawan MP.

 

“Sebagai koordinator TAS, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para pimpinan, donatur, orang tua peserta didik, bapak ibu guru dan karyawan MP yang sudah berkontribusi mengeluarkan sebagian rezekinya. Terutama anak anak tercinta yang setiap hari berijtihad, bersungguh-sungguh menginfakkan uang jajan melalui TAS. Juga kepada pengurus TAS yang sudah meluangkan waktu, tenaga, dan pemikirannya untuk kemaslahatan umat hingga saat ini,” tambahnya.

 

H. Faiz berharap, semoga semua yang sudah dilakukan dapat menambah kepedulian dan semangat untuk berbagi, serta menjadi amal bakti yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. “Semoga amaliyah Ramadhan dan infak, zakat, serta sedekah kita diterima Allah. Mudah-mudahan wabah ini juga cepat berlalu, agar kita bisa beraktivitas seperti biasa lagi di madrasah.” ungkapnya. (cs)