Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Peserta Didik MI Kelas 1 Study Wisata ke Kidzania

Banyak cara kreatif yang dapat dilakukan dalam memperkenalkan ragam profesi pada anak-anak, salah satunya adalah dengan mengajak anak terlibat langsung bermain peran. Seperti yang dilakukan oleh paralel kelas 1 unit Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta, pada (28/01) sebanyak kurang lebih dua ratus peserta didik diajak menyambangi Kidzania yang bertempat di Pacific Place Jakarta.

 

Kidzania merupakan sebuah wahana wisata edukasi bagi anak-anak, dengan desain menyerupai sebuah kota seolah-olah peserta didik sedang menjalani kehidupan sungguhan di masa depan. Ada lebih dari 100 stand profesi yang dapat dikunjungi. Uniknya, peserta didik tidak hanya pasif mendengarkan penjelasan tentang profesi, tetapi mereka diajak terjun langsung melaksanakan profesi seperti layaknya orang dewasa.

 

Berbagai profesi dapat dicoba anak sesuai minatnya masing-masing. Polisi, pemadam kebakaran, dokter, wartawan, bahkan profesi pada ranah kreatif seperti Design Interior dan dancer cukup dipadati anak-anak.

 

Ketua paralel kelas 1, Syukrini Irfiyanda berharap agar anak-anak bisa mengenal lebih banyak profesi di dunia ini, sehingga kosa kata mereka tidak terbatas pada cita-cita menjadi dokter, polisi, dan pilot secara umum. Menurut dia banyak profesi lain di bidang kreatif atau yang mampu menghasilkan produk.

 

Wakil kepala MI bidang kesiswaan, Haerudin juga mengatakan hal serupa ketika pidato pelepasan keberangkatan peserta didik ke Kidzania. “Saya berharap, anak-anak tidak hanya sekedar berwisata tetapi dapat belajar mengenai berbagai profesi untuk cita-cita hidup di masa depan”

 

Peserta didik tampak sukacita melakukan aktivitas yang tersedia, bahkan setelah menjalani peran seperti pekerja, peserta didik mendapat gaji berupa uang mainan yang disebut Kidzos. Mika, peserta didik kelas 1 B mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. “Aku senang sekali ke Kidzania, tadi aku dapat ini,” katanya sambil menunjukkan kartu pers Kompas yang berhasil didapatnya. [cs]